Kamis, 06 Januari 2022

Ikhlas

         Ikhlas.

Apasih ikhlas itu?

Menurut KBBI ikhlas tuh berhati bersih. Dalam hal hubungan sesama manusia, ikhlas adalah memberi pertolongan dengan ketulusan hati. Sementara itu, keikhlasan berarti sebuah kejujuran atau kerelaan.

Pernah gasih dalam hidup tuh ada momen lo marah atau sedih banget tapi ujungnya lo bisa ikhlas, merelakan apa yang udah terjadi. Ya kadang beberapa hal perlu “keikhlasan” untuk kesehatan mental kita atau salah satu bentuknya ialah yaudahlah yaa. Salah satu kata yang sering aku dan oliv ucapkan ketika udah give up sama sesuatu.

Belakangan ini aku akhirnya bertemu psikolog untuk mengurai semua trauma dan ketakutanku. Perlahan-lahan semuanya terurai satu persatu. Sangat tidak mudah ada di fase ini dengan semua emosi yang telah aku tahan. Apalagi harus melalui semua ini sendirian, tidak ada yang menemani. Karena sejatinya manusia akan kembali pada-Nya sendirian bukan?

Sebelumya aku pernah bilang untuk bikin jurnal harian kann? Nah hari ini ga banyak kegiatan ku. Agenda hari iini tuh olahraga, tapi pas bangun pagi kaya masi ngantuk dan ternyata radang juga jadi kuurungkan niat ku untuk olahraga. Tapiii hal baik atau positif pertama yang aku lakukan adalah ga makan nasi. Ya meskipun siangnya makan mie gacoan tapi aku mencoba kalori defisit gitu deh. Terus hal positif yang aku lakukan mandi dan mencuci baju hahahha sounds cliche but susah banget tauuu ngumpulin niat mandi.

Nah pas malem nya aku ada trouble gitu sama temen ku masalah keuangan. Usut punya usut ternyata dia manfaatin aku dari segi finansial. Mungkin karena gue terlalu baik kali ya jadi orang. Terus pas tau hal itu aku sedih banget. Kaya aku gapernah tega untuk manfaatin temen ku sendiri dari segi keuangan. Lalu aku cerita sama bhisma tentang masalah ini, akhirnya dia bilang, “ikhlas aja”, yang penting kamu udah berbuat baik. Setelah mendengar kata-kata tersebut aku mikir, iya juga, aku yang waras ya aku yang ngalah. Hanya jadikan pelajaran dan cukup tau aja sama dia. Sebisa mungkin untuk ga berhubungan lagi deh pokonya.

Jadi hal positif ketiga hari ini adalah akhirnya aku bisa memaafkan dan ikhlas untuk masalah ini. Untuk maslah yg lain sepertinya masih dalam proses hehhe. Semoga prosesnya ga lama ya git, aku yakin kamu berjiwa besar untuk memaafkan orang-orang yang udah menyakiti kamu. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Let you go

 Finally i let you go... Finally it would be the last time i will talk about us... I know it's so hard, but there's nothing we can d...